Selamat Datang di KEDAI SEKOLAH DASAR , blog belajar untuk berbagi, jika berkenan tinggalkan pesan

nenek-nenek narcis

Sabtu, 26 Juni 2010

TENAGA PENDIDIK

INDONESIA MASIH BUTUH 70 RIBU GURU BARU HINGGA 2014


BOMMING Purna tugas / pensiun Guru di Indonesia akan tiba saatnya sekitar tahun 2014. Perkiraan ini berkaitan erat dengan program pengangkatan guru besar besar sekitar tahun 1970 s,d 1975 atau yang lebih dikenal dengan GURU INPRES. 
Dengan adanya pensiun tersebut maka sampai tahun 2014-an diperkirakan
Indonesia masih butuh guru untuk mengisi lowongan karena pensiun serta pengangkatan baru sebagai pemenuhan dan pemerataan guru. Sebab kenyataan menunjukkan bahwa meskipun rasio jumlah peserta didik dengan jumlah tenaga pendidik sevara nasional nyaris mendekati angka keseimbangan namun karena adanya beberapa faktor maka persebaran guru nampaknya belum merata netul. Masih nampak sekolah sekolah di kota kota besar sudah cukup bahkan tidak sedikit yang melebihi angka kebutuhan rasional, namun di sisi lain sekolah di daerah daerah masih banyak kekurangan guru, Di daerah daerah Pulau Jawa sendiri masih banyak sekolah yang memiliki rata-rata guru baru mencapai 50 %. Masih banyak pula keluhan, terutama pada jenjang Sekolah Dasar hanya memiliki 1 kepala sekolah dan 1 guru, sedang jumlah rombongan belajar mencapai enam kelas. 
Ketimpangan penyebaran jumlah guru ini pulalah hendaknya pemerintah benar-benar memperhatikan sehingga asas pemerataan untuk memperoleh kesempatan belajar dapat terpenuhi sesuai dengan amanat konstitusi kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


MusicPlaylistView Profile
Create a playlist at MixPod.com

baba